Home » » Raja dari segala buah

Raja dari segala buah

Raja dari segala buah Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Rasanya manis, memiliki bau khas yang menyengat hidung . untuk masalah baunya mengundang kontropersi, ada yang suka akan baunya, tetapi ada pula yang merasa mual  bila mencium bau yang khas ini. Ayo dah bisa nebak belum. .? 
buah durian
ya benar buah durian. Durian berkembang di daerah Asia Tenggara, dan terkenal dinegara Thailand dengan varietas unggulannya bernama duriang montong. Di Indonesia pun terdapat 55 varietas unggulan ,yang semuanya berasal dari daerah – daerah di nusantara misalnya durian petruk dari dukuh randu sari, jawa tengah.
Sekilas tentang pohon durian.!
Pohon durian adalah pohon tahunan yang bisa mencapai tinggi 25 – 50 meter , tergantung dari spesiesnya. Daunnya berbentuk lonjong serta kulit batangnya berwarna coklat kemerahan. Buah durian memiliki beberapa bentuk dari yang lonjong atau bulat seperti telur. Nama durian sendiri diambil dari kulitnya yangmempunyai arti “ berduri”. Tumbuh didaerah tropis dengan intensitas hujan sekurang- kurangnya 1500 mm, serta air tanah tidak  boleh kurang dari 150 cm yang bisa menyebabkan durian kurang manis. Masa panen pohon durian 4 – 5 tahun dari awal pertama berbuah, tetapi jika pertumbuhannya menggunakan vegetatife bisa mencapai 2 – 3 tahun. Penyakit yang paling utama buah durian adalah mati bibit, jamur utas yang menyerang bagian batang,dan busuk akar serta batang
buah durian
Selain kandungan vitamin didalam buah durian, masyarakat Indonesia sering menggunakan durian sebagai pengusir nyamuk, dalam hal ini bagian kulit durian yang diletakan di sudut ruangan. Bagi kaum ibu yang sering observasi menggunakan buah durian untuk bahan pembuat kue, pasta , juga aromanya sering dibuat perasa es doger, susu skim, serta banyak lagi yang lainnya.
Tips menghilangkan bau mulut akibat memakan buah durian

Ambil ceruk kulit buah bagian dalan , bekas daging durian menempel, kemudian cuci tangan anda diatas ceruk tadi , aduk air sampai merata di ceruk kulit ,setelah itu air bekas adukan tadi di buat kumur – kumur , alhasil bau menyengat durian akan segera hilang, jangan lupa bilas dengan air bersih , itu meruakan salah satu pendidikan kesehatan sejak dini

Written by : nurya nurul yakin - menuju hidup yang lebih baik

Kesehatan adalah hak dasar manusia yang harus kita jaga dari diri sendiri , dari sekarang dan dari hal kecil.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Terima kasih telah berkunjung ! ::

0 komentar: