Home » » Budidaya sayuran organik, untuk indonesia yang lebih baik

Budidaya sayuran organik, untuk indonesia yang lebih baik

Budidaya sayuran organik, untuk Indonesia yang lebih baik .Kebutuhan konsumen akan sesuatu yang alami, mendorong para pelaku bisnis mencari alternative produk dengan konsep bahan organik. Salah satu yang berkembang saat ini adalah budidaya sayuran organik.
budidaya sayuran organik
Konsumen dari kalangan menengah keatas berani membayar lebih untuk sayuran organik , dibandingkan produk sayuran yang memakai campuran bahan anorganik  sebagai penyubur tanaman. Jepang salah satu Negara termaju di asia, menerapkan konsep budidaya sayuran organik sejak tahun 90an ,imbasnya sekarang menjadi produsen terbesar yang memproduksi sayuran organik, selain mempunyai moto chisan chisou yang artinya produksi lokal dan konsumsi lokal. Sebagai Negara Indonesia yang mempunyai lahan dan letak geografis yang strategis serta subur, sepatutnya kita mencontoh budaya yang diajarkan jepang , dalam hal ini mencakup bahasan sayuran organik .
budidaya sayuran organik
Perlu campur tangan pemerintah , khususnya dinas pertanian , memberikan penyuluhan kepada para petani , pentingnya budidaya organik, tentunya dengan menyediakan pupuk organik murah supaya bisa terjangkau oleh para petani. Harga untuk sayuran organik sperti bayam ,wortel, tomat ,sedangkan untuk buah organik buah apel , buah jeruk terbilang cukup mahal , karena di bayar oleh kualitas sayur dan buah  yang memang terjamin kesehatannya.
Disamping kualitas sayuran yang baik, dampak dari pemakaian organik sendirri akan berimbas pada kebersihan serta kesehatan lingkungan itu sendiri, dari unsur hara tanah sampai kandungan mineral air yang menajdi sumber kehidupan.
Semua itu bisa terwujud apabila ada kerja sama antara pemerintah pusat sebagai pemegang wewenang serta petani dalam hal ini pelaksana untuk bsa memajukan perekonomian dengan budidaya tanaman organik yang ramah lingkungan. pemerintah harus memberikan pelatihan serta bimbingan kepada para petani supaya dalam prakteknya bisa menumbuhkan kembali swasembada yang jaya pada tahun 70an. dengan penerapan seperti itu , diharapkan Indonesia akan menjadi Negara pengekspor tanaman organik terbesar didunia.

Salah satu bentuk peran seta masyarakat dengan mendidik putra - putrinya untuk bisa mencintai produk Indonesia serta memberikan pendidikan kesehatan diusia dini untuk bisa menjaga , merawat serta melestarikan lingkungan sekitar dengan tidak memakai bahan kimiawi secara berlebihan


Hosting Unlimited Indonesia

Written by : nurya nurul yakin - menuju hidup yang lebih baik

Kesehatan adalah hak dasar manusia yang harus kita jaga dari diri sendiri , dari sekarang dan dari hal kecil.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Terima kasih telah berkunjung ! ::

2 komentar:

Raden mengatakan...

Artikel yang menarik dan bagus.
Saya juga punya info nih tentang sayuran organik, mungkin akan bermanfaat bila disampaikan..

Bayam Organik Bayam Jepang

Terima Kasih Saya Ucapkan

Unknown mengatakan...

ok